Pesawat Lion Air Group berhasil mendarat walau mengalami malfungsi

By | October 27, 2022

Lion Air Group mengatakan, kemarin, Rabu (27 Oktober 2022), pihaknya masih menyelidiki penyebab kerusakan mesin pada penerbangan JT330 rute Jakarta-Palembang. Diketahui, pesawat Lion Air yang lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta di Tangerang menuju Bandara Sultan Mahmoud Badaruddin II Palembang kembali ke bandara atau kembali ke pangkalan setelah mengalami kerusakan mesin di ketinggian 3000 kaki.

“Saat ini kami masih dalam proses penyelidikan dan pemeriksaan. Lion Air tidak bisa berspekulasi,” kata Corporate Communication Strategy Department Lion Air, Mandala Prihan Toro, Da Nang, Kamis (27 Oktober 2022). Kronologisnya, Boeing 737-800NG yang terdaftar di PK-LKK itu lepas landas kemarin pukul 17.13 WIB.

Sebelumnya, pesawat telah dinyatakan layak dan aman untuk dioperasikan melalui inspeksi pra-penerbangan. Pesawat lepas landas dengan 6 awak dan 169 penumpang setelah menyelesaikan pemrosesan operasi darat, layanan penumpang dan transportasi kargo.

Da Nang mengatakan fase udara beroperasi secara normal dan pilot mengoperasikan pesawat sesuai prosedur. Namun, pada ketinggian 3.000 kaki, pilot merasa salah satu komponen mesin tidak berfungsi dengan baik.

“Pada ketinggian 3.000 kaki di ketinggian jelajah, pilot merasa bahwa salah satu komponen mesin pesawat tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menunjukkan bahwa diperlukan pemeriksaan segera,” katanya. Untuk itu, lanjut Da Nang, pilot menekankan keselamatan penerbangan dan memutuskan untuk kembali ke pangkalan. Pesawat juga mendarat dengan selamat bersama seluruh penumpang dan awaknya.

Setelah pesawat berhenti dan parkir di landasan (tarmac), seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu keberangkatan (gate) untuk informasi lebih lanjut. Prosedur penurunan penumpang (disembarkasi) berjalan normal.

Sebagai gantinya, penerbangan JT330 berikutnya dioperasikan menggunakan Boeing 737-800NG terdaftar PK-LOP. Pesawat lepas landas pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Mahmoud Badaruddin II pada pukul 20.20 WIB. “Lion Air meminta maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Teknisi dan pilot melakukan pemeriksaan pesawat sesuai tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh daftar pekerjaan (checklist) yang memakan waktu. Lion Air belum bisa berspekulasi saat ini,” jelasnya. media Dalam video amatir yang beredar, seorang penumpang merekam kabin pesawat saat kembali ke bandara keberangkatan.

Kondisi di dalam kabin tampak gelap, tetapi semua penumpang masih duduk metodis. Para penumpang langsung bertepuk tangan begitu mereka mendarat. “Semangat. Alhamdulillah!” kata seseorang dalam video tersebut, juga disambut tepuk tangan dari penumpang.